Desa Tamansari RT 01/05 Kec. Tamansari Kab. Bogor Jawa Barat
+62 8111016874 yatimonline2020@gmail.com

Ayo, “Klik” Hati Di Sekitarmu Lewat Media Sosial

Social-Media-stress

Saat ini, dapat kita jumpai orang-orang yang hobi nge-tweet melalui akun Twitternya. Yang menarik, banyak orang yang justru memanfaatkan media sosial (social media) semacam Twitter ataupun Facebook untuk melakukan aksi sosial.

Hal inilah yang kemudian mendorong PT Merck Tbk untuk memberikan penghargaan terhadap setiap orang yang menggerakkan aksi sosial melalui sosial media.

“Kami berupaya memberikan contoh kepada masyarakat tentang betapa mudahnya melakukan kegiatan sosial. Apalagi saat ini kecanggihan teknologi telah melahirkan social media yang memungkinkan kita untuk memperbesar efek komunikasi yang kita lakukan,” tutur Niken Suryo Sofyan (Corporate Communication Manager PT Merck Tbk).

Menyoal Aksi Klik Hati, PT Merck Tbk pun meluncurkan kegiatan CSR pada Desember 2010 lalu. Pada tahap pertama, PT Merck Tbk memberikan penghargaan kepada 5 terpilih, yaitu: Blog Dokter, Blood for Life, Coin a Chance, Sahabat Anak, dan Ivan Lanin yang masing-masing mendapatkan dukungan dana Rp10 juta.

Nah, di tahap kedua ini, PT Merck Tbk membuka kesempatan kepada penggiat sosial lainnya melalui Aksi Klik Hati.

Alhasil, pada bulan Maret 2011 lalu, Aksi Klik Hati telah melahirkan 5 pahlawan kegiatan sosial melalui dunia maya. Mereka adalah:

Indonesia Berkebun. Gagasan ini berasal dari Ridwan Kamil melalui akun Twitter-nya yang kemudian menumbuhkan gairah berkebun di perkotaan (urban farming). Tujuan utama kegiatan ini adalah ekologi, ekonomi, dan edukasi.

Pondok Yatim Online. Adalah Baban Sarbana yang menelurkan program Yatim Online. Program ini bertujuan bagi anak-anak yatim piatu agar memiliki kemampuan menulis dan menggunakan internet agar dapat berinteraksi dengan dunia luar. Baban memulai aktivitasnya di Pondok yatim Menulis yang berdiri sejak Maret 2010 di Situ Taman, Desa Tamansari RT 04/05, kecamatan Tamansari, kabupaten Bogor.

Indonesia Bercerita. Kepekaan seorang Budi Setiawan berhasil melahirkan kegiatan Indonesia Bercerita yang menyediakan podcast cerita. Setiap orang bisa mengunduh cerita di blog Indonesia Becerita sehingga memungkinkan tumbuhnya kebiasaan bercerita di kalangan masyarakat. Indonesia Bercerita juga melakukan kegiatan Pelatihan Pejuang Pencerita, Festival Para Pencerita, dan Festival Menciptakan Cerita untuk menghidupkan semangat mendongeng.

Bale Bengong. Adalah Anton Muhajir, sang penggagas yang memulai kegiatan ini di Bali. Bale Bengong ini akan memberikan kesempatan kepada tiap warga untuk menggunakan sudut pandangnya dalam menulis.

Akademi Berbagi. Di saat setiap orang harus membayar mahal untuk sebuah ilmu atau pendidikan, seorang Ainun Chomsun justru berhasil memanfaatkan akun Twitternya @akademiberbagi melahirkan Akademi Berbagi. Alhasil, siapapun, kapanpun, dan dimanapun kita dapat mendapatkan ilmu dari para pakar secara cuma-cuma. Kelas yang ditawarkan saat ini adalah copy writing, art directing, creative, online journalism, social media, fotografi, script writing, public realtion, financial plan, music, sound design & production, public speaking, event organizing, dan liaison officer (LO).

Selanjutnya masing-masing terpilih akan mendapatkan dukungan dana sebesar Rp20 juta. Saat ini PT Merck Tbk sedang terus memantau kegiatan mereka hingga dapat menentukan 2 Aksi Klik Hati terbaik Indonesia. Segera akan kita ketahui, Aksi siapakah yang berhasil meng-“klik” hati di sekitarnya hingga menjadi pahlawan bagi masyarakat.

Sumber: InfoKomputer.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create