Desa Tamansari RT 01/05 Kec. Tamansari Kab. Bogor Jawa Barat
+62 8111016874 yatimonline2020@gmail.com

Media Sosial, Penggerak Sosial Gaya Baru

social-media-icons

Perkembangan jejaring sosial sepertinya semakin menarik saja. Banyak fenomena yang jadi ikon pergerakan baru lewat media ini. Masih ingat dengan Koin Prita misalnya? Jika dikelola dengan tepat dan bijak banyak manfaat yang bisa kita petik dari ragam media baru ini.

Lihat saja apa yang dilakukan oleh teman-teman di Indonesia Berkebun, Pondok Yatim Online, Indonesia Bercerita, Bale Bengong, dan Akademi Berbagi. Lewat twitter dan facebook mereka getol mengajak orang-orang untuk peduli dengan lingkungan dan sesama. Sehingga, PT Merck Tbk pun memberi penghargaan Klik Hati. Kelima penggiat sosial ini, kemudian diganjar Rp20juta untuk mengembangkan kegiatan masing-masing.

Indonesia Berkebun misalnya. Gerakan yang dicetuskan oleh arsitek Ridwan Kamil ini berawal dari Jakarta. Berkat berbagi pengaruh lewat Twitter, dalam tiga bulan gerakan ini berhasil menggaet penggiat berkebun di berbagai kota besar lain. Gerakan ini dimaksudkan untuk memanfaatkan lahan tidur di kota-kota besar menjadi areal perkebunan.

Sementara, lewat Pondok Yatim Online digagas oleh Baban Sarbana. Lewat program Yatim Online, ia mengajak anak-anak yatim dan dhuafa untuk lebh meberdayakan dirinya. Kemampuan menulis merupakan perhatian utama, sebab menurut Baban, menulis merupakan keterampilan hidup utama untuk mandiri.

Sementara Indonesia Bercerita, merupakan kegiatan sosial untuk mendidik anak lewat cerita. Cerita disiarkan secara online lewat podcast. Budi Setiawan sebagai pelopor gerakan ini ingin agar kebiasaan bercerita bertumbuh di masyarakat. kalau bale Bengong, merupakan citizen journalism asal Bali buatan Anton Muhadjir. Pembaca diajak untuk merespon pemberitaan sebuah surat kabar. Degnan demikian warga diberi kesempatan untuk mengemukakan sudut pandangnya atas sebuah pemberitaan.

Beda lagi dengan Akademi Berbagi. Ainun Chomsun lewat akun Twitternya, @akademiberbagi, membagi-bagikan ilmu secara cuma-cuma. Pakar-pakar dari bidang copy writing, art directing, creative, online journalism, social media, fotografi, script writing, public relation, financial plan, music, sound design & production, public speaking, event organizing dan liason officer.

Penggerak-penggerak sosial lainnya juga akhir minggu lalu baru saja mengadakan Social Movement Festival 2.0 di Pasific Place, Jakarta.

Sumber: PCplus.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create